MAKANAN YANG WAJIB DI COBA KALAU DATANG KE BALI

Oke ini adalah post ke limaku,kali ini aku akan memberikan informasi makanan apa aja sih yang wajib di cobain kalau lagi di Bali? check it out

1. AYAM BETUTU
Oke makanan yang pertama adalah ayam betutu. Ini salah satu makanan khas Bali. Belum lengkap rasanya jika datang ke Bali belum nyobain makanan ini. Sekarang di Bai udah banyak banget yang menjual ayam betutut ini,tapi yang paling terkenal cuma 2,yaitu betutu Gilimanuk dan Men Tempeh("Men" dalam bahasa Bali yang artinya ibu). Makanan ini biasa di hidangkan dengan plecing kangkung,kacang,dan sambal matah. Rasanya dari kuah ayam ini sunggu luar biasa enaknyaa. Ayam Betutu Gilimanuk ini identik dengan pelawat asal Bali yaitu Dadap.Bila kalian sedang berada di daerah Kuta/Tuban,cobain ayam betutu ini yang ada di daerah Tuban dekat dengan Khrisna Oleh Oleh.Tapi jika kesini pas lagi maka siang jangan harap dapat tempat duduk,karena udah pasti penuhh sampai keluar karena banyak wisatawan luar maupun dalam negeri yang pengen nyobain makanan ini. Kalau Men Tempeh lokasinya ada di kota Denpasar,di Khrisna Gallery and Resto yang ada di jalan diponogoro,denpasar. Rasanya keduanya sama aja kok,sama sama enak.
2. PIA LEGONG
 Makanan ini wajib dibawa untuk oleh2 jika sedang main ke Bali. Pia Lenggong ini ada di jalan by pass ngurah rai dekat dengan bandara ngurah rai Bali.Jika datang kesini stock untuk membeli pia disini gak boleh lebih dari 3 kotak katanya sih gitu karena saking banyaknya yang pengen beli. Banyak sih jenis pia Bali lain seperti pia kecak,pia agung,pia barong dan lain2.Tapi orang2 lebih milih pia legong. Pia legong ini terdiri dari 3 varian rasa yaitu: coklat,kacang dan keju.


3. PAI SUSU
Yang selanjutnya adalah pai susu. Selain pia,makanan ini cocok juga untuk oleh2 jika sedang berada di Bali.Jenisnya pai ada banyak,dan semuanya enak enak. Contohnya:pai susu bintang,pai susu asli enaak,pai susu dhian dan lain2. Biasanya pai ini dijual di toko oleh2 khas Bali,tapi kalau mau haganya lebih murah datang aja langsung ke jalan nangka denpasar,disana langsung produsennya jadi mungkin harganya agak murah sedikit.

4. Lawar
Ini adalah makanan khas Bali selanjutnya. Makanan ini enggak cocok untuk dijadikan oleh2 karena cepat basi. Lawar adalah makanan khas Bali yang di buat dari  daging yang dicincang, sayuran, sejumlah bumbu bumbu dan kelapa. Kadang-kadang di beberapa jenis lawar diberikan unsur yang dapat menambah rasa dari lawar itu yaitu darah dari daging itu sendiri. Darah tersebut dicampurkan dengan bumbu-bumbu tertentu sehingga menambah lezat lawar tersebut. Lawar biasanya dihidangkan dengan babi guling,sate lilit,dan kuah ares(sayuran yang berasal dari batang pohon pisang)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MAKANAN YANG WAJIB DI COBA KALAU DATANG KE BALI"

Post a Comment

Powered By Blogger